Resume Jenis-jenis jaringan komputer

Nama              : M Fadil Nurhakim

Kelas               : 12.4F.14

NIM                : 12211232

Tugas              : Jaringan Komputer

 

Jaringan komputer merupakan jaringan yang dimana menghubungkan komputer dan pernagkat yang terhubung satu sama lain misalnya transfer data dan saling berkomunikasi. Tujuan jaringan komputer untuk mencapai suatu tujuan yang dimana bisa memberikan pelayanan (service) kepada yang meminta layanan (client) dan kepada yang mengirimkan layanan (server). Jaringan komputer mungkin juga bisa dibuat dengan menggunakan media kabel atau tidak menggunakan kabel (wireless). Selain itu, jaringan komputer juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan tim dan mempermudah komunikasi antara pengguna.

Ada beberapa jenis jaringan komputer :

  • PAN (Personal Area Network)

        Jaringan PAN yang merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang paling kecil dan terbatas areanya. Jarigan jenis ini dirancang untuk di sebuah tempat seperti rumah dan kantor yang tempatnya kecil, digunakan untuk berkomunikasi dan mengirim data atau aplikasi baik menggunakan kabel ataupun tidak menggunakan kabel. PAN biasanya digunakan media seperti smartphone, laptop dan perangkat hiburan lainnya yang terhubung dengan jarak yang sangat dekat.



  • LAN (Local Area Network)

         Jaringan milik pribadi yang berada di sebuah tempat seperti kampus atau gedung. LAN hanya bisa dijangkau dengan jarak yang relatif pendek yaitu 1 s.d 10 meter. LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya, jaringan jenis ini dapat dibuat menggunakan perangkat seperti hub, adapter jaringan dan kabel Ethernet. LAN biasanya selalu digunakan pada koneksi kabel untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan.



  • MAN (Metropolitan Area Network)

   Jenis jaringan ini bisa dijangkau relatif luas yaiu 100.000 s.d 1.000.000 meter. Yang biasanya menghubungkan dari satu kota ke kota lain, tetapi hanya bisa mencangkup area yang lebih kecil dibanding dari WAN. MAN sering digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN bersamaan untuk membentuk sebuah jaringan yang lebih besar. Jaringan MAN router dan switch digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN, MAN juga umumnya digunakan di beberapa lokasi dalam wilayah metropolitan yang ingin terhubung secara efisien dan aman.



  • WAN (Wide Area Network)

    Juga bisa dibilang jaringan yang dijangkau lebih luas lagi karena jenis ini jangkauannya seluruh dunia. Jaringan komputer jenis WAN media yang umum digunakan seperti kabel bawah laut dan satelit. Penggunaan koneksi kerja jarak jauh jaringan WAN sangat lengkap antarmuka di internet dan memberi akses ke sistem yang tersebar di seluruh dunia. Kecepatan transfer data menggunakan jaringan WAN  mungkin akan lambat dari pada jaringan LAN karena jarak yang sangat jauh.





Komentar